Harapan seorang faqir yang memfokuskan diri dan perjalanan seorang murid yang menyendir

Karya AL IMAM SYEKH ABDUL QODIR AL KAUHANIY QS.

Bismilallahirohmannirohim,
Beliau ( Syekh Jurumiy ) tidak membicarakan dalam kitab² asli ( matan jurumiyyah ) atas sesuatu yang berkaitan dengan basmalah dengan metode isyarat ( pengungkapan makna tersirat )

Maka kami ( Syekh Al Kauhaniy ) berkata : ” Sungguh telah disebutkan didalam khabar : ” Sesungguhnya setiap sesuatu yang terkandung didalam kitab² suci yang diturunkan ( ALLAH ), maka semua itu ada dalam Al Qur’an.

Dan setiap sesuatu yang terkandung didalam Al Qur’an, maka hal itu terkandung didalam Al Fatihah.

Dan setiap sesuatu yang terkandung didalam Al Fatihah, maka hal itu terkandung didalam Bismillah.

Dan disebutkan ( oleh riwayat lain ) : ” Setiap sesuatu yang terkandung dalam Bismillah, maka hal itu terkandung didalam huruf ba,
Dan setiap sesuatu yang terkandung didalam huruf ba, maka hal itu terkandung dalam titik yang terdapat dibawah huruf ba “.PM 30.

Dan telah berkata salah seorang diantara orang² Arif : ” Ucapan Bismillah dari orang yang Arif itu sama dengan ( Firman ) KUN ( terwujudlah ) dari ALLAH “.

Dan telah berkata Tuanku Syekh Husain bin Abdusy Syakur Al Madaniy RA dalam kitab beliau, Al Fuyudhotul Husna min musyahadatil habibil asna : ” Pembahasan mengenai Bismillah, tidak bisa suatu ungkapan memadai dengannya, dan tidak bisa suatu isyarat mengungkapkan dengannya, namun pendapat yang fasih adalah bahwa Bismillah merupakan pembuka berbagai rahasia ghaib, dan persaksian disetiap peribadatan dan kebiasaan ( aktivitas ).

Maka dengan Bismillah bisa terobek jahitan berbagai makna untuk setiap pemerhati, dan dengan Bismillah, dapat berdiri tegak berbagai kerangka didalam wadah² ini, dan dengan Bismillah akan terang benderang berbagai cahaya didalam ruangan berbagai kondisi dan situasi, dan dengan Bismillah menjadi tampak jelas alam lahiriyyah ini dan berbagai tandanya, dan menjadi samar alam ghaib didalam berbagai petunjuknya.

Maka tidak ada partikel terkecil, melainkan pasti rahasia Bismillah bergerak didalamnya, dan tidak ada materi tertinggi, melainkan pasti limpahannya terdapat di hal² yang tampak padanya dan hal² yang bersembunyi padanya.PM 30-31.

Dan ALLAH telah menjadikan Bismillah sebagai pembuka berbagai rahasia setiap suroh, dan sebagai pelita berbagai cahaya setiap bentuk.

Sebab setiap perkara yang penting, yang tidak diawali padanya dengan Bismillahir Rohmanir Rohim, maka perkara itu putus ( tidak sempurna ).

Dan setiap sesuatu yang keadaannya merupakan perkara yang perlu mendapat perhatian, maka Bismillah adalah perkataan yang mesti diucapkan dengan hal ( perilaku ) atau dengan ucapan bagi para penyandang kesempurnaan.

Maka betapa beruntungnya bagi orang yang telah mengetahui hal penting dari Bismillah, memeliharanya, menjaganya, dan memberikan Bismillah akan hak pengimamannya di Mihrab kekonsistenan Bismillah dan dimasjid tegaknya Bismillah.PM 32.

Sebab Bismillah merupakan Imam bagi kalimat² Al Quran dan ( imam ) berbagai wujud inderawi dan maknawi ( abstrak ).

Maka siapa saja yang tidak memiliki imam, maka tidak ada kedudukan yang ia miliki.

ALLAH SWT berfirman : ” ( ingatlah ) suatu hari ( yang dihari itu ) KAMI panggil tiap umat dengan pemimpinnya ….( QS. 17 Al Isro : 71 )

Maka siapa saja yang tidak memiliki imam dari berbagai aktivitas ibadah ( yang ia lakukan ), maka ia terputus ( kurang sempurna ).

Maka terimalah hal itu sebagai orang yang bertaubat lagi penerima, dan bertaubatlah kamu dengan memohon pengabulan, agar kamu meraih hal yang menakjubkan.PM 33-34.

Dan arahkanlah diri kepada Bismillah dengan keseluruhan dirimu disaat terikat dirimu dan saat bebas dirimu.

Niscaya kamu akan beruntung dengan berbagai pencarianmu diseluruh tempat berpergianmu, dan kamu akan ( diselubungi ) merata dengan berbagai pemberian kepadamu, berupa berbagai petunjuk hatimu dan berbagai pergulatan hidupmu.

Maka ( karena itulah ) kami memuji kepada MU ya ALLAH atas anugerah yang sempurna dan pemberian yang lengkap ini.

Dan kami bermohon kepada MU ya ALLAH agar semoga Engkau berkenan melimpahkan kami dengan berbagai rahasia Bismillah, dan semoga Engkau berkenan menggenangi kami dengan berbagai cahaya Bismillah,

Dan Engkau menjadikan kami penegak terhadap hak² kesempurnaan Bismillah ditempat penyaksian keindahannya dan kemuliannya.

Dan tunjukilah kami Ya ALLAH untuk bisa memahami berbagai ilmu huruf² Bismillah disemua bagian²nya ” .

Selesai Sayyid Al Madaniy.

Hanya karena Rahmat dan Pertolongan Allah lah semoga episode ini bisa berlanjut, Aamin.

WALLOHU A’LAM.PM 34.

WALLOHU A’LAM.
Bilbarokah wal karomah SAYID AL ARIF BILLAH MU’ALIF HADAL KITAB Al Fatihah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja